Sunday, February 27, 2011

Terminaltor
                Lean menatap gelas yang berisi teh hangat itu, Ia terus berpikir tentang masa depannya karena sekarang Ia sudah lulus dari SMA dan bingung mau kerja apa. Rasanya Ia kepengen melanjutkan kuliah seperti yang disarankan Zarrah, Kakak angkatnya.
            “Kok ngelamun, Nak, famali anak gadis ngelamun entar kesambet lho. Sedang mikirin apa, Nak?” tanya Ibu Siti, Ibu angkat Lean memakai baju batik sambil mengelap meja di warung makannya.
            “Nggak Ada apa-apa kok, Bu,”jawab lean nggak jujur.
            “Padahal Nak Lean sendiri yang ngelamun, pasti ada yang Nak Lean pikirin jangan bohong deh sama Ibu. Nak Lean mikirin kuliahnyakan? Nak Lean kalo mau kuliah, Ibu dan Kak Ara sangat menyetujui. Nak Lean nggak perlu mikirin biayanya, Ibu siap membantu,”Ujar Ibu meyakinkan.
            “Nggak kok, Bu, Aku nggak kepikiran mau ngelanjutin kuliah kalopun masalah biaya memang perlu dipikirkan tapi Aku sudah bertekad Bu setelah tamat Aku nggak mau nyusahin siapapun baik Ibu kandungku di kampung maupun Ibu dan Kak Ara. Aku bertekad untuk mencari uang sendiri meskipun sulit dan kalopun aku sudah minat betul kuliah harus dengan uangku sendiri jadi Aku putuskan untuk bekerja dulu,”ucapnya penuh tekad.
            “Tapi cari kerja itu susah Lho Nak karena banyak perusahaan yang menerima karyawan yang tingkat pendidikannya tinggi, rezeki nggak kemana nak asalkan usaha tapi prioritaskan pendidikan dulu. Buktinya banyak Mahasiswa yang kuliah sambil kerja gimana?” tanya Ibu agar Lean kuliah dulu.
            “Gimana ya Bu? Ok deh Aku mau belajar dulu tapi belajar dari pengalaman kerja he..he.. maafin Aku ya, Bu. Aku nggak bisa.”
            “Ibu pernah bilang sama kamu hidup...
            “Adalah pilihankan Bu?”balas Lean memotong pembicaraan Ibu Siti.
            “Sudah motong aja kamu Nak, Ibu ingin kamu pilih kebaikan jika kamu lebih memilih untuk bekerja dahulu yakinkan pilihanmu, Nak. Ngomong-ngomong Nak Lean sudah yakin mau kerja apa?”
            “Belum yakin sih Bu dengan kerja ini tapi Insya Allah halal walaupun sebenarnya Aku pengen jadi artis he..he..,”jawab Lean kepedean dengan kaos oblong merah dan celana pendek hitamnya kayak mau kerja apa ya? Oh ya tak ketinggalan handuk kecil di bahunya.
            “Kamu ini, Nak aneh-aneh saja, Ibu penasaran awal kerjamu ini apa.”ucap Ibu tersenyum ngeliatin anak angkatnya itu.
            “Assalamu’alaikum wr.wb.,”ucap sumber suara laki-laki bernama Rizki memasuki warung,
            “Wa’alaikumussalam wr.wb.,”jawab Ibu dan Lean.
            “Ada apa Riz tumben-tumbennya pagi-pagi ke sini jualan pempek lagi?”
            “Itu dia, Bu. Nih Bu, Aku mau nitip pempek ikanku di warung Ibu, Ibu tenang aja pasti banyak yang beli coz asli uwong Palembang yang buat Bu. Ibu Siti pernah nyoba dan ngebuktiin sendiri Bu, Oh ya sekalian ngajakin Lean buat nyoba Job baru kami berdua Bu. Yo nggak Le?”
            “Yoilah Kak, Aku udah siap dan semangat nih,”ucap Lean lalu mengikatkan handuk kecilnya itu di kepalanya, lebay juga nih orang.
            “Ha..ha..ha semangat banget Lo,”balas cowok yang dipanggilnya kakak itu. Ibu Siti geleng-geleng kepala ngeliatin tingkah mereka yang nggak jelas pekerjaannya tapi Ibu punya simpanan jawaban dalam pikirannya. Menurut Ibu mereka pengen jadi artis sperti kata Lean kayaknya Ibu...
            “Kalian mau kemana ikut kesting ya?”tanya Ibu heran. Mereka berdua tertawa terpingkal-pingkal nanggepi pertanyaan Ibu Siti karena kalopun ikut kesting nggak mungkin dandanan mereka segitu ancurnya.
            “Nggaklah Bu, Saya mau jadi sopir bis kota dan Lean jadi keneknya, nggak mungkinlah Bu ikut casting penampilannya kayak gini.”
            “Kirain Ibu mau ikut casting jadi peran gembel, Apa? Kenek Lean mau jadi kenek?,”ucap Ibu meyakinkan karena ibu juga khawatir dengan Lean.
            “Lean tau Ibu pasti khawatir tapi Ibu sendirikan bilang kalau hidup itu pilihan. Ini pilihan Lean buat dijadikan pengalaman Bu. Sebenarnya kalo mau dikaitkan dengan artis ada hubungannya anggap aja Le lagi latihan di depan masyarakat umum biar nggak demam panggung gitu Bu,”jawab lean ada-ada saja berusaha menenangkan Ibu Siti yang khawatir.
            “Bise aja Lo Le, kayaknya ngebet banget Lo jadi artis, apa enaknya lagi lagian gue kagak percaya Lo bise”sindir Rizki pada Lean.
            “Eh dasar Lo kak, udah ah bercanda mulu. Kitekan mau kejar setoran, nyok kite pergi! Kalo begitu Aku pamit dulu ya, Bu Assalamu’alaikum,” ucap Lean sambil mencium tangan Ibu yang masih khawatir namun mengizinkan karena Beliau bangga Lean sudah punya prinsip yang baik.
            “Pergi Ibu Assalamu’alaikum,” ucap Rizki menyusul lalu berkata pada Lean.
            “Ayo terminaltor!jangan sampai terlambat!”
            “Yoi.”
            “Mau kemana?”tanya Zarrah kakak angkat Lean dari kejauhan dengan isyarat bisunya.
            “Mau kerja Kak Ara, Yang Aku ceritain semalam”jawab Lean.
            “Oh..semangat ya!”jawab Zarrah mengerti.
            Banyak arti dari sebutan terminaltor. Bagiku terminaltor adalah orang-orang yang hidup dan menghabiskan sebagian waktunya dengan segala aktivitasnya di terminal. Ada yang nyebut terminaltor itu calo tiket bis di terminal, mereka mencari lembaran uang untuk makan. Meskipun calo nggak sepenuhnya dibolehin oleh pihak resmi namun mereka bukan diktator, mereka juga bukan koruptor meskipun ada yang menjuluki di beberapa terminal ada terminaltor ganas karena nyari keuntungan gede jangan sampe aja nyusahin orang susah juga he..he.., batin Lean beropini.
            “Lo tau nggak di luar negeri sono ade terminator, ya kite juge kagak ketinggalan terminaltor mereka kagak punyakan.”ucap Rizki orang Palembang yang ngomongnya logat Betawi.
            “Iya ye, Bang. Aye bangga dah jadi keneker terminaltor tapi ngomong-ngompng nih Bang emang di Luar negeri kagak ade terminal ape?”
            “Kagak tau juge sih, emang Lo pikir gue pernah ke sono. Tapi kalo emang bener ade tuh bakal saingan nih kite he..he..he..,”jawab Rizki ada-ada saja membuat Lean ikut tertawa.







No comments:

Post a Comment